Selasa, 01 November 2011

AHO..... Benar-benar fitur?

Setiap keluar produk sepeda motor baru di tahun 2011 ini selalu mengedepankan fitur AHO.  Memang untuk mengakomodasi berlakunya UU lalu lintas baru yang mewajibkan kendaraan roda 2 agar menyalakan headlamp, produsen sepeda motor selalu mencantumkan fitur ini sebagai keunggulan produk mereka, baik itu yang baru maupun facelift.



Namun apa mau dikata... fitur ini ternyata bisa mengganggu menurut saya. Karena kita sebagai orang Indonesia sering masuk-keluar kampung atau gang, seringkali perlu mematikan headlamp (lampu senja tetap on) demi menjaga kenyamanan kalau-kalau ada orang yang duduk-duduk dipinggir jalan. Lha kalo gak bisa dimatikan repot dah, bisa-bisa sandal nempel kepala. Meskipun pengguna juga sangat diuntungkan karena tidak pernah lupa menyalakan lampu bila jalan siang hari (aman dari peluit...... halo pak).


Pabrikan juga diuntungkan, karena saklar yang biasanya ada sekarang tidak, sehingga mengurangi ongkos produksi.  Lha kok saya bisa ngasih judul seperti itu... wong jelas untung kok para pengguna itu....

Mari...... menurut saya, yang namanya fitur itu karena adanya sesuatu yang ditambahkan bukan dikurangi.  Lah kalau AHO yang ini kan pengurangan saklar sehingga efeknya headlamp nyala terus karena gak bisa dimatikan.

Menurut saya nih, kalau pabrikan ingin mengakomodasi UU lalu lintas ya pake cara menambahkan sesuatu agar pengendara tidak lupa menyalakan headlamp.  Saklar tetap ada, tapi di tambah fitur yang mengingatkan  kalau lampu belum ON, misalnya pake suara atau lampu kecil yang menyala di speedometer. Bagaimana..?

4 komentar:

  1. Legenda Raja Matahari2 November 2011 pukul 00.02

    pabrikan.... gimana nih

    BalasHapus
  2. masukan buat pabrikan, gimana kalo ditambahin relay khusus untuk menyalakan otomatis headlamp pada saat motor dihidupkan, sementara tombol off tetap ada yang fungsinya untuk mematikan headlamp pada saat mesin sudah menyala.. so tetep masih bisa disebut automatic headlamp on kan...

    BalasHapus
  3. AHO penting, tapi menghemat juga lebih penting lagi. AHO selain boros aki, boros bohlam, boros mika lampu, kurang sopan lewat dijalan tertentu....AHO sebaiknya dikasih saklar tambahan untuk mematikan atau menghidupkan.

    BalasHapus